Kamis, 23 Maret 2017

Cara Stek bunga Mawar, Bukan Steak!!!

Bagaimana cara stek bunga yang paling benar? Ada banyak sekali orang yang menyukai mawar karena mempunyai keindahan yang beragam. Aroma wangi yang dimilikinya pun sangat kuat hingga semerbak ke seluruh taman. Selain ditanam langsung di tanah, tanaman mawar juga bisa dipelihara dengan menggunakan pot dan polybag.
Karena batang yang berkayu, bunga mawar bisa diperbanyak menggunakan teknik stek. Stek adalah teknik perkembangbiakkan tanaman secara vegetatif/buatan yang dilakukan dengan memotong beberapa bagian tanaman seperti batang, tangkai, atau daun. Setelah dipotong dari tanaman indukan, bagian tanaman tadi lantas ditanamkan pada media tanam dengan cara menancapkannya.
Pada dasarnya, cara menyetek bunga mawar itu sangatlah mudah. Biar semakin gampang, ikuti petunjuk dari kami berikut!
Alat dan bahan :
  • Tanaman mawar dewasa
  • Cutter
  • Tanah
  • Pot
  • Pecahan genteng
Langkah-langkah :
  1. Pilih tangkai bunga mawar yang sudah cukup tua, kondisinya sehat, dan memiliki bentuk yang lurus. Semakin besar diameter tangkai yang dipilih biasanya semakin tinggi pula harapan hidup tangkai tersebut.
  2. Potong tangkai tanaman mawar tadi kurang lebih berukuran 4-6 cm memakai cutter. Pastikan cutter yang dipakai cukup tajam agar hasil potongannya rapi dan tidak berserabut.
  3. Siapkan pot sebagai media pemeliharaan tanaman. Masukkan pecahan genteng secukupnya, lalu tambahkan tanah sampai memenuhi volume pot. Tanah yang bagus memiliki tekstur yang gembur dan berwarna kehitam-hitaman. Dalam masa awal ini, hindari penggunaan pupuk terlebih dahulu sebab dapat menghambat pertumbuhan akar tanaman hasil stek.
  4. Tanamkan batang bibit stek bunga mawar dengan menancapkannya ke dalam tanah. Setelah itu, siram tanaman tersebut secukupnya untuk melembabkan media tanam. Pindahkan pot tadi ke tempat yang sejuk serta terhindar dari sinar matahari dan air hujan secara langsung.
  5. Perhatikan pertumbuhan stek tanaman bunga mawar. Jika stek tersebut sudah mampu menghasilkan tunas yang baru artinya tanaman sudah tumbuh dengan baik. Selanjutnya Anda bisa memindahkan pot ke lingkungan yang terbuka. Usahakan tumbuhan mawar tersebut bisa mendapatkan cahaya matahari agar rajin berbunga.
         Selengkapnya kunjungi  (http://pakarbudidaya.blogspot.co.id)  Suwun referensinya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar